Kutip Ayat al-Qur’an, Lulusan Universitas Islam Ini Sebut FaceApp Haram Karena Ubah Ciptaan Tuhan



Saat ini ramai-ramai orang menggunakan aplikasi perubah wajah menjadi lebih tua. Bahkan, tak sedikit dari mereka kemudian membagikannya ke media sosial.

Usai mengunggah foto tuanya ke media sosial, merekapun menuliskan tagar #AgeChallenge dan #FaceAppChallenge.

Jelas banyak orang mengunduh dan menggunakan aplikasi satu ini. Pasalnya, mereka penasaran dengan penampakan wajah tua mereka.

Mereka pun melakukannya tak lebih hanya untuk bersenang-senang.

Namun menurut Essam al-Roubi, seorang lulusan Universitas Al-Azhar Kairo Mesir mengatakan bahwa FaceApp haram.

Menurutnya, sebagaimana disampaikan kepada media lokal Cairo24, FaceApp haram karena mengubah ciptaan Tuhan.

Disampaikan kepada media lokal Cairo24 sebagaimana dilansir Mashable, Essam menyebutkan bahwa aplikasi tersebut merupakan jenis kegemaran yang mengarah pada konsekuensi yang tak diinginkan.

Lebih lanjut Essam mengatakan, prediksi wajah orang ketika beranjak tua belum tentu akan seperti dalam aplikasi tersebut.

“Apakah gambar-gambar itu memperlihatkan apa yang akan terjadi pada seseorang? Tidak, hanya Tuhan yang mengetahuinya,” ujar Essam.

Essam pun merujuk pada ayat Alquran untuk mendukung pendapatnya, yaitu surat an-Nisa ayat 119:

وَلَآمُرَنَّهُمْ فَلَيُغَيِّرُنَّ خَلْقَ اللَّهِ
“… dan akan aku suruh mereka mengubah ciptaan Allah, (lalu mereka benar-benar mengubahnya) …” (QS. an-Nisa: 119:)

Selain mengutip surat an-Nisa FaceApp haram, ia juga mengutip ayat 70 dari surat al-Israa:

وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِي آدَمَ وَحَمَلْنَاهُمْ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَرَزَقْنَاهُم مِّنَ الطَّيِّبَاتِ وَفَضَّلْنَاهُمْ عَلَىٰ كَثِيرٍ مِّمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيلًا
“Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak cucu Adam, dan Kami angkut mereka di darat dan di laut, dan Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka di atas banyak makhluk yang Kami ciptakan dengan kelebihan yang sempurna.” (QS. al-Isra’ : 70)

Sementara itu, FaceApp yang merupakan aplikasi buatan Rusia itu kini sedang dihadapkan dengan isu privasi. Adalah Chuck Schumer, senator Partai Demokrat AS yang mmemerintahkan FTC dan FBI melakukan penyelidikan.

Melalui cuitan pada akun Twitter miliknya, Chuck mengatakan bahwa FBI dan FTC harus melakukan investigasi terkait resiko dan privasi nasional lantaran saat ini jutaan rakyat Amerika sudah menggunakannya.

[rancahpost.com]

Iklan Atas Artikel

SPONSOR

Iklan Tengah Artikel 1

Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

SPONSOR