Kisah Penguasa Afrika yang Bagikan Emas di Mesir ketika Pergi Haji

Kisah Mansa Musa

INILAH kisah Mansa Musa. Orang terkaya sepanjang masa yang merupakan penguasa Afrika Barat di abad ke-14 ini pernah membuat ekonomi Mesir anjlok. Tak tanggung-tanggung, Mansa Musa membuat ekonomi Mesir terpuruk selama kurun waktu 10 tahun.

Cerita berawal ketika Mansa Musa yang seorang Muslim memutuskan untuk pergi naik haji ke Mekah dengan menggunakan jalur Gurun Sahara dan Mesir.

Dalam perjalanan tersebut, Mansa Musa sempat menginap di Mesir selama kira-kira 3 bulan untuk beristirahat. Nah, di saat Mansa Musa menginap itulah, dia membagi-bagikan emas yang dibawanya. Perlu diketahui bahwa Kerajaan Mali –kerajaan yang dipimpin Mansa Musa– merupakan wilayah penghasil emas terbanyak saat itu.

Rupanya, saking banyaknya emas yang dibagikan Mansa Musa, membuat harga emas di Mesir anjlok. Bahkan hal ini turut menyebabkan ekonomi Mesir terpuruk.

Kisah Mansa Musa ini disebut-sebut membuat Timur Tengah mengalami kerugian ekonomi sebesar 1,1 miliar Euro kala itu.

Dalam perjalanan pulang dari Tanah Suci, Mansa Musa coba membantu ekonomi Mesir yang anjlok ‘gara-gara’ dia. Mansa Musa mengambil kembali emas di peredaran dan meminjamnya dengan bunga tinggi.

Beberapa waktu kemudian dia kembali ke Mekah dengan beberapa ulama termasuk keturunan langsung Nabi Muhammad SAW dan seorang penyair asal Andalusia. Mansa Musa membayar mereka dengan 200 kg emas yang jika sekarang diuangkan menjadi 6,3 juta Euro. []

Iklan Atas Artikel

SPONSOR

Iklan Tengah Artikel 1

Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

SPONSOR