5 Doa Bulan Rajab dan Keistimewaannya

5 Doa Bulan Rajab dan Keistimewaannya

Bulan Rajab adalah bulan taubat. Bahkan dalam Al Quran Surat At Taubah ayat 36 disebutkan bulan Rajab termasuk salah satu bulan haram.

Surat At Taubat ayat 36:

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ - ٣٦

"Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram (untuk perang). Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa." (QS At Taubah ayat 36).

Dalam buku 'Kalender Harian Ibadah Sunnah Sehari-hari Sepanjang Tahun karya Mujahidin Nur, dalam sebuah hadits riwayat Bukhari dan Muslim:

Rasulullah juga bersabda: "Sesungguhnya zaman berputar sebagaimana kondisinya, ketika Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun ada dua belas bulan, di antaranya empat bulan haram. Tiga bulan berturut-turut Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan satu bulan antara Jumadil Akhir dan Sya'ban (HR Bukhari dan Muslim).

Pada bulan Rajab, terdapat amalan-amalan, seperti doa bulan Rajab.

Berikut doa bulan Rajab dan kestimewaan ketika membacanya dilansir sumber yang sama:

1. Beristighfar

Rasulullah SAW bersabda, bulan Rajab adalah bulan permohonan pengampunan bagi umatku maka hendaknya mereka memperbanyak istighfar di dalamnya.

Istighfar yang dimaksud:

Astaghfirullaha wa atuubu ilaiih

"Aku mohon ampun kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya".

2. Bertasbih

Pada bulan Rajab hendaknya membaca tasbih berikut:

Subhanallahil jaliil, subhaana mallaa yambaghittasbiihu illaa lahu. Subhaanal a'azzilakromi. Subhaana mallabisal'izza wa huwa lahuu ahlun

"Maha Suci Tuhan yang Maha Agung, Maha Suci yang tidak layak bertasbih kecuali kepada-Nya. Maha Suci yang Maha Agung dan Maha Mulia, Maha Suci yang menyandang keagungan, dan hanay Dia yang layak memilikinya."

3. Membaca لا إله إلا الله

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang membaca di bulan Rajab laa ilaaha illallaah sebanyak seribu kali, Allah mencatat baginya seratus ribu kebaikan dan membangunkannnya baginya seratus kota di surga.

4. Membaca Surat Al Ikhlas

Dalam sebuah riwayat dikatakan, "Barangsiapa yang membaca surat Al Ikhlas seratus kali pada hari Jumat di bulan Rajab, dia akan memperoleh cahaya yang mengantarkan ke surga."

5. Doa Bulan Rajab Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW diriwayatkan pernah memanjatkan doa bulan Rajab. Doa ini agar umur kita bisa sampai bulan Ramadhan.

Arab: أللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَان

Latin: Allahumma barik lana fi rajaba wa sya'bana wa balighna Ramadhana.

Artinya: Ya Allah, berkahilah umur kami di bulan Rajab dan Syaban, serta sampaikan lahh (umur) kami hingga bulan Ramadhan.

Menurut Ustadz Yusuf Mansyur, pada Kamis (27/2/2020) doa tersebut memiliki derajat hadist dhaif atau ringan. Doa bulan Rajab ini bisa diamalkan untuk meminta keberkahan dari Allah SWT sepanjang bulan Rajab.

Selain itu juga bisa untuk meminta keberkahan pada bulan yang dimuliakan Allah lainnya yakni Sya'ban hingga masuk Ramadhan.

Artikel Asli

Iklan Atas Artikel

SPONSOR

Iklan Tengah Artikel 1

Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

SPONSOR