Sholat Dhuha Waktu Niat dan Doanya, Amalan Sunah Pembuka Pintu Rezeki

'Sholat Dhuha Waktu Niat dan Doanya, Amalan Sunah Pembuka Pintu Rezeki'

Berikut ini sholat dhuha waktu, niat, dan doanya beserta keistimewaan bagi muslim yang melaksanakan. Sholat dhuha merupakan amalan sunah seorang muslim yang dilakukan pada waktu dhuha.

Waktu dhuha diperkirakan mulai pukul 07.00 WIB sampai 10.00. Ketika matahari mulai naik sekira tujuh hasta dari waktu terbitnya. Jumlah rakaat sholat dhuha minimal dua rakaat dan maksimal 12 rakaat. Pelaksanaanya dilakukan dalam satuan dua rakaat sekali salam. Manfaat dari sholat dhuha yaitu dimudahkan oleh Allah SWT dalam mendapat rezeki. Selain itu, diberi ketabahan atau lapang dada dalam menjalani segala ujian hidup di dunia.

Berikut niat sholat dhuha:

أُصَلِّى سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنَ لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatadh dhuhaa rok’ataini lillaahi ta’aalaa

Artinya: “Aku niat salat sunah duha dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Doa Salat Duha:

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَى ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقي فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ، وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ، وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ، وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ، بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allahumma innadh dhuhaa dhuhaa-uka, wal bahaa-a bahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ‘ishmata ‘ishmatuka. Allahumma inkaana rizqii fis samaa-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’assiron fayassirhu, wa inkaana harooman fathohhirhu, wa inkaana ba’iidan faqorribhu bihaqqi dhuhaa-ika wa bahaa-ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudrotika aatinii maa aataita ‘ibaadakash shoolihiin.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya waktu duha adalah waktu duha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu.

Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran duha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu.

Berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh.”

Sholat dhuha tak hanya menjadi amalan untuk mempermudah mendapat rezeki dunia. Sholat ini juga dikenal sebagai salatnya para awwabin. Awwabin adalah orang yang kembali kepada Allah dengan melakukan ketaatan.

Dijelaskan pada hadis dari Abu Hurairah ra, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لَا يُحَافِظُ عَلَى صَلاةِ الضُّحَى إِلا أَوَّابٌ، وَهِيَ صَلَاةُ الْأَوَّابِينَ

Artinya: “Tidak ada yang menjaga sholat dhuha kecuali para Awwabin. Beliau mengatakan: sholat dhuha adalah sholatnya para Awwabin.”

Demikian niat dan doa sholat dhuha beserta keistimewaannya.

Semoga bermanfaat bagi Anda

Sumber: Tribunnews.com

Iklan Atas Artikel

SPONSOR

Iklan Tengah Artikel 1

Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

SPONSOR