7 Hal yang Harus Dilakukan Suami-Istri Untuk Membangun Keluarga Harmonis

'7 Hal yang Harus Dilakukan Suami-Istri Untuk Membangun Keluarga Harmonis'

Dambaan semua orang yang ingin menikah atau yang belum menikah adalah memiliki pasangan dan hubungan rumah tangga yang harmonis dan penuh dengan kebahagiaan terutama ketika melihat para artis ditelivisi.

Jika didalam drama atau didalam filam rumah tangganya selalu membahagiakan bahkan pasangannya sudah seperti temannya sendiri.

Ketika ingin menikah tentu perasaannya semakin mengebu dan membayangkan rumah tangganya bahagia akan tetapi setelah menikah justru ada segudang tanggung jawab yang harus dilakukan dan itu semakin menambah beban kehidupan.

Ketika sudah berumah tangga ternyata tidak sesuai dengan keinginannya dan harapannya selama ini, lalu muncullah angan-angan kenapa rumah tanggaku tidak sebahagia mereka dan tidak seharmonis mereka.

Atau bahkan berpikir rumah tangga orang lain memiliki banyak uang. Memang tidak masalah memiliki keinginan rumah tangga yang berkah, akan tetapi pikiran seperti inilah yang membuat sebagian besar pasangan bukan menjadikannya motivasi melainkan menimbulkan banyak prahara karena keinginan atau tuntutan yang tidak diimbangi dengan usaha keras.

Lalu harus bagaimanakah seorang suami-istri untuk menciptakan rumah tangga yang harmonis penuh cinta kasih? Dibawah ini akan dijelaskan beberapa hal untuk mendapatkan pasangan harmonis.

1. Ikuti Sunnah-sunnah yang Dianjurkan Oleh Rasulullah SAW
Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah Nabi Muhammad SAW juga parasabat karena didalamnya tedapat sunnah-sunnah yang sangat dianjurkan bagi pasangan suami-istri.

Karena adopsi terbaik dalam menjalani rumah tangga adalah mengikuti sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Dengan mengikuti anjuran Nabi Muhammad Insya Allah akan mendapatkan rumah tangga yang berkah serta akan memahami rumah tangga dengan baik bukan hanya karena nafsu saja.

2. Mulailah Terbuka Satu Sama Lain
Didalam hubungan rumah tangga yang harus dijaga adalah komunikasi sebab komuniasi adalah salah satu hal yang bisa membuat hubungan harmonis.


Biasakan terbuka terhadap pasangan juga selalu mendiskusikan semua hal mulai dari hal yang kecil hingga yang besar. Karena hal yang sepele menurut kita belum tentu sepele juga.

Maka dibutuhkan keterbukaan karena dengan terbuka maka akan menjadi jembatan untuk saling mengenal karakter pasangan kita masing-masing, sebab ada sebagian pasangan suami istri justru merasa kaget dengan sifat pasangannya setelah menikah.

3. Paham Akan Peran Masing-masing
Ketika sudah menjadi suami-istri tentu harus mengetahui kewajibannya masing-masing. Seorang suami memiliki kewajiban untuk menafkahi istri dan keluarganya.

Sedangkan istri memiliki tanggung jawab untuk melayani suami serta berbakti sepenuhnya kepada suami. Maka dari itu setiap pasangan harus mengetahui pasangannya masing-masing sehingga tidak terbentur.

Karana masalah yang paling mendasar bagi pasangan adalah mereka tidak mengetahui kewajibannya masing-masing dan tidak tahu akan posisi masing-masing.

Keduanya harus sama-sama menjalankan kewajiannya dengan baik tanpa harus merasa ada yang terlantar salah satunya.

Suami pun jangan sampai merasa terabaikan hanya karena sifat istru yang lalai karena kewajiban dan tugasnya. Maka pemahaman yang seperti ini yang tidak akan pernah terwujud apabila tidak diaplikasikan didlama kehidupan yang nyata.

4. Yakinkan Bahwa Rumah Tangga Kita Adalah Bangunan yang Kokoh
Rumah tangga itu ibarat dengan bangunan, jika pondasi dari bangunan itu kokoh maka bangunan itu akan kuat sedangkan jika pondasi bangunan itu tidak kokoh maka akan mudah roboh.

Ketahuilah bahwa tidak selamanya hubungan rumah tangga itu akan bahagia, terkadang akan ada yang namanya masalah yang akan menerpa rumah tangga utu sendiri.

Sama-sama intropeksi diri harus dilakukan juga dibutuhkan tetap saling mendukung juga saling mengingatkan juga saling mengingatkan dalam keadaan apapun.

Jika bukan kita yang mendukung pasangan kita siapa lagi? sebab pemikiran seperti inikah yang harus selalu tertanam didalam rumah tangga agar tidak mudah goyah hingga maut memisahkan.

5. Apa yang Kita Lihat Belum Tentu Seperti yang ‘Terlihat’
Banyak dari paasnagan suami istri atau kita sendiri yang selalu berkiblat pada artis yang postingannya sellau terlihat harmonis dan romantis dengan pasangannya yang membuat kita merasa iri ketika melihatnya.

Kita selalu berandai-andai ingin memiliki kehidupan seperti mereka padahal kita juga tidak tahu apa yang dirasakan olehnya.

Ketahuilah bahwa cara menunjukkan kasih sayang mereka tidaklah sama maka tak perlu membandingkan rumah tanggamu dengan rumah tangga mereka.

6. Daripada Mengeluh Lebih Baik Melakukan Sesuatu
Jangan pernah mengeluh karena mengeluh hanya akan membuat semua menjadi semakin rumit dan sulit.

Ketahuilah bahwa jika kita menguluh maka akan tidak akan mendatangkan manfaat pada diri kita sebab ketika kita mengeluh maka hanya akan membuat kita merasa lebih barat.

Lebih baik benahi dan perbaiki oleh dua-duanya karena hubungan rumah tangga harus dibangun oleh dua-duanya bukan hanya salah satunya yang dituntut untuk adil.

7. Jangan Menunggu, Tapi Mulailah
Jangan hanya menunggu menginginkan rumah tangga seperti yang kita inginkan. Jangan hanya memiliki niat kita pun harus berusaha mewujudkannya.

Jangan selalu berangan-angan karena hal itu hanya akan menimbulkan rasa iri dan akan mudah menuntut pasangan.

Jika ingin mencapai atau memiliki hubungan yang harmonis maka selalu berkomitmen berumah tangga dan mulailah untuk melakukannya bukan hanya berangan-angan saja. [ummi-online.com]

Iklan Atas Artikel

SPONSOR

Iklan Tengah Artikel 1

Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

SPONSOR