Menghadapi Mertua Mata Duitan

'Menghadapi Mertua Mata Duitan'

Kebanyakan orang yang menikah itu yang ditakuti itu pasti masalah mertuanya. Entah karena sikap mertua yang selalu menyalahkan atau sikap mertua yang jahat kepada menantunya.

Sebab tidak semua mertua bisa mengerti kondisi menantunya dengan baik ada pula mertua yang hanya memanfaatkan menantunya.

Sebab ada mertua yang meminta jatah tiap bulannya atau ketika butuh dan bukan hanya sekali dua kali melainkan terbilang sering. Ia meminta secara terang-terangan juga tanpa ada rasa canggung.

Terkadang ada mertua yang meminta dengan cara yang halus yaitu membandingkan atau bahkan menyindir dengan menantu yang lainnya. Contohnya ia menancing dengan kata-kata seperti ini:

“Mantuku yang satu itu baik sekali. Sering sekali ngasih duit padahal Aku tidak meminta. Senang rasanya punya mantu seperti itu”.

Hal ini dikatakan dengan sengaja hanya untuk membuat menantunya memberi uang dan sengaja untuk menantu yang tidak memberi uang agar mendengar uacapannya.

Terkadang ada juga meminta secara langsung seolah-olah sangat membutuhkan. Namun sayangnya alasan mertua yang demikian tidak pernah terbukti keberanannya.

Sebagai menantu tentu tidak akan merasa tega ketika melihat mertua sangat membutuhkan namun jika sudah berlebihan maka beda lagi ceritanya.

Ketika adan memiliki mertua yang mata duitan memberi uang tidak masalah selama anda mampu.

Namun jika anda merasa keberatan bahkan tidak mampu untuk memberi jatah pada mertua maka lebih baik gunakan beberapa tips diabwah ini.

1. Berunding Pada Pasangan
Jangan lupa untuk berunding pada pasangan anda, seberapa mampu anda memberikan jatah kepada mertua anda.

Dengan cara mencari solusi bersama pasangan atau mengurangi jatah dan yang pasti sesuai dengan kebutuhan mertua. Jika belum berhasil lakukan cara kedua.

2. Memiliki Tujuan yang Sama Dengan Pasangan
Dalam hal ini harus sama-sama memiliki tujuan yang sama untuk menggunaan uang. Selalu memotivasi pasangan agar ia tahu bahwa uang bergitu berharga sehingga harus memberi pengertian pada mertua tentang uang yang diminta.

3. Berunding Bersama-sama Agar Mertua Tidak Begitu Bergantung Dengan Kamu
Libatkan pasangan juga mertua sekaligus. Yakinkan mertua agar ia tidak berganung padamu sehingga ia tidak meminta jatah kepadamu. Alasan berikutnya adalah karena sudah memiliki anak.

4. Jadikan Anak Sebagai Tameng
Beri alasan bahwa kebutuhan anak semakin tinggi mulai dari biaya pendidikan serta masa depan anak sehingga mertua tidak lagi meminta jatah kepadamu.

5. Tetap Membantu Dengan Bentuk Lain
Sebagai menantu tentu merasa tidak tega ketika melihat mertua terlihat sangat membutuhkan akan tetapi jika mertua mata duaitan maka lebih baik bantu dengan cara yang lainnya.

Anda bisa memberi barang yang ia butuhkan tanpa harus memberi uang secara langsung. Jauh lebih baik anda mengurusnya sehingga mertuamu hanya terima beres saja, sehingga tak akan ada alasan yang dibuat-buat oleh mertuamu.

Sehingga dengan demiian mertuamu akan merasa bahwa cara apapun tidak akan membuatmu memberikan uang yang dia inginkan, justru ia akan mendapatkan sesuatu yang belum tentu ia butuhkan.

Demikianlah tips menghindari mertua yang mata duitan. Hal ini bukan untuk mengajarkan agar pelit terhadap mertua.

Akan tetapi jika menantunya tidak sanggup maka lebih baik hindari dengan cara yang baik karena jika selalu dituruti disamping tidak sanggupmertua akan bergantung kepada anda. [madjongke.com]

Iklan Atas Artikel

SPONSOR

Iklan Tengah Artikel 1

Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

SPONSOR