Siswa TK Katolik Kunjungi TK Islam, Suasananya Bikin Haru


Toleransi antarumat beragama sudah sepatutnya diajarkan sejak dini. Seperti belasan siswa TK Katolik Santo Bernardus dalam kunjungannya ke TK Aisyiah Bustanu Athfal (ABA) 1 Kamis (9/5). Kedatangan anak-anak yang didampingi kepala sekolah, komite dan sejumlah wali murid disambut hangat.

Cara penyambutan TK ABA 1 juga menarik. Anak-anak perempuan yang berbusana muslim serba putih menari riang gembira  menyambut kedatangan para tamu. ’’Ini menjadi tanda kasih ingin berbagi dengan saudara umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa,’’ kata Imelda Gurita Ulam Sari Kepala Sekolah TK Katolik St Bernardus ditemui Jawa Pos Radar Madiun.

Seluruh pelajar TK tersebut membaur dan saling bersuka cita. Pun, sejumlah siswa TK Katolik Santo Bernardus juga berbagi tasbih dan peci. Anak-anak yang menerima tasbih dan peci itupun terlihat bahagia. ’’Mengajarkan kerukunan sejak dini ini penting. Memiliki rasa menghormati, bertoleransi dan berbagi antarsesama sampai dewasa nantinya,’’ terangnya sembari meyebut tahun lalu berbagi di Jalan Pahlawan.

Kepala sekolah TK ABA 1, Ida Ayu Tristiawati mengapresiasi dengan acara yang diprakarsai oleh TK Bernardus. Sehingga menyambut dengan suka cita. Ida mengaku tidak menyangka, bahwa TK  Bernardus datang rombongan membawa, peci, tasbih serta jajajanan untuk berbuka. ’’Ini merasakan tali persaudaraan yang lebih erat antaragama,’’ ujarnya.

Ida juga berusaha menanaman nilai moral toleransi dan kerukunan umat beragama kepada anak didiknya. Mengajarkan, bahwa di Indonesia tidak hanya ada agama Islam. Melainkan juga agama nasrani dan lainnya. ’’Sehingga anak-anak tidak ada jarak antar umat muslim dan nasrani,kami sambut dengan gembira terima kasih untuk TK Bernardus,’’ jelasnya.

Untuk mengajarkan toleransi ini, TK ABA 1 telah mengajak anak didiknya mengunjungi sejumlah rumah ibadah. Ini sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan agama lain. ’’Insyaallah kami akan bekerjasama, berkunjung ke tempat ibadah seperti terakhir ke Vihara, dan berbagi dengan teman-teman non-muslim,’’ pungkasnya. (dil/ota)

Artikel Asli

Iklan Atas Artikel

SPONSOR

Iklan Tengah Artikel 1

Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

SPONSOR